Rekor, Eko Yuli Tampil Keempat Kali di Olimpiade, Bawa Medali Lagi?

Sabtu, 12 Juni 2021 12:29 WIB

Share
Eko Yuli Irawan

JAKARTA – Eko Yuli Irawan bakal mencatat rekor baru. Untuk keempat kalinya, dia akan tampil di Olimpiade. Akankah dia mampu membawa pulang kembali medali?

Nama Eko Yuli Irawan termasuk satu dari lima lifter Indonesia yang akan tampil di Olimpiade 2020 Tokyo. Dia dinyatakan lolos kualifikasi untuk ajang bergengsi dunia pada 23 Juli-8 Agustus mendatang itu.

Ini akan jadi penampilan keempat Eko Yuli Irawan di ajang Olimpiade. Dia pun jadi satu dari sangat sedikit atlet Indonesia yang tampil secara terus-menerus di empat Olimpiade terakhir itu.

Eko Yuli Irawan pertama kali tampil di Olimpiade 2008 di Beijing. Saar itu, turun di kelas 56 kg, dia pulang mendapatkan medali perunggu.

Empat tahun kemudian, Eko Yuli juga tampil di Olimpiade 2012 di London. Kali ini dia naik kelas dan berhasil meraih medali perunggu.

Terakhir, dia tampil pada Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brasil. Eko Yuli kali ini bahkan mampu meraih medali perak.

Selain Eko Yuli, berdasarkan rangking Tokyo 2020 yang dirilis Federasi Angkat Besi Dunia (IWF) melalui laman resminya, Sabtu (12/6/2021), empat lifter Indonesia lain yang lolos adalah Windy Cantika Aisah (49 kg putri), Deni (67kg putra), Rahmat Erwin Abdullah (73kg putra), dan Nurul Akmal (+87kg putri).

Windy, Eko Yuli, Deni, dan Nurul Akmal dinyatakan lolos karena mereka menduduki posisi delapan besar dunia, yang merupakan batas aman menuju Tokyo. Sementara itu, Rahmat Erwin Abdullah, yang saat ini berada di peringkat ke-11, berhak mendapat tiket melalui jatah kontinen.

“Khusus untuk Rahmat Erwin Abdullah merupakan proses yang sangat mendebarkan mengingat pada periode awal prakualifikasi April 2019 masih berjuang untuk masuk 13 besar (delapan ranking dunia dan lima dilipilih dari wakil setiap kontinen),” kata Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PABSI Hadi Wihardja.

“Namun setelah 6 Juni 2021, IWF terus menyesuaikan poin poin setiap lifter, dan akhirnya Rahmat bisa menjadi wakil Asia bersama China, Jepang, Korea Selatan untuk Olimpiade Tokyo,” sambung dia.

Halaman
1 2
Reporter: Admin Sportylife
Editor: Admin Sportylife
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler