Cristiano Ronaldo Pemain Pertama Tampil di 5 Euro

Rabu, 16 Juni 2021 10:23 WIB

Share
Cristiano Ronaldo Pemain Pertama Tampil di 5 Euro

BUDAPEST – Bahkan sebelum mencetak gol pun, Cristiano Ronaldo sudah mencatatkan rekor baru. Dia pemain paling sering tampil di putaran final Piala Eropa alias Euro.

Pelatih Portugal, Fernando Santos, menempatkan Cristiano Ronaldo sebagai starter saat pasukannya menghadapi tuan rumah Hungaria di Puskas Arena, Budapest, Selasa (15/6).

Begitu memasuki lapangan, Cristiano Ronaldo pun menjadi pemain pertama yang tampil di lima Euro. Bintang Juventus ini mencatatkan prestasi yang tak pernah dijalani pemain manapun.

Cristiano Ronaldo pertama kali tampil di Piala Eropa pada Euro 2004 di kandangnya sendiri. Sayangnya, saat itu dia gagal membawa Portugal meraih gelar juara, dikalahkan Yunani secara mengejutkan di final.

Setelah itu, dia tampil di Euro 2008 yang digelar di Austria-Swiss, lalu pada 2012 di Polandia-Ukraina.  Lima tahun lalu, Cristiano Ronaldo bahkan membawa Portugal meraih gelar juara untuk pertama kalinya di Prancis.

Setelah memenangkan Euro 2016 di Prancis, mantan pemain Sporting Lisbon, Manchester United, dan Real Madrid itu belum mampu memecahkan rekor lagi. Sampaip peristiwa di Budapest itu.

Sebelumnya, dia sudah menjadi pemain yang paling sering tampil di pertandingan putaran final dengan 22 laga, pencetak gol terbanyak di pentas Euro termasuk kualifikasi dengan 40 gol, dan akhirnya mematahkan rekor Michel Platini sebagai pencetak gol putaran final Piala Eropa.

Sebelum menjadi pemain paling sering tampil di putaran final, Cristiano Ronaldo bersama seabreg pemain lain terdaftar sebagai mereka yang pernah empat kali tampil di Euro.

Rata-rata pemain tersebut berasal dari Jerman dengan generasi yang berbeda, Italia juga dengan generasi berbeda, Republik Ceko, dan terbanyak justru pemain Swedia. Ada lima pemain Swedia yang pernah tampil di empat Euro.

Sedangkan dari Portugal, Ronaldo adalah satu-satunya pemain yang pernah tampil di empat Euro sebelumnya. Nama-nama terkenal seperti Luis Figo, Rui Costa, bahkan Fernando Costa pun tak masuk daftar ini.

Halaman
Reporter: Admin Sportylife
Editor: Admin Sportylife
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler