Klaster Euro 2020 Muncul, Puluhan Fans Finlandia Terpapar

Jumat, 25 Juni 2021 17:45 WIB

Share
Klaster Euro 2020 Muncul, Puluhan Fans Finlandia Terpapar

HELSINKI - Sudah jatuh tertimpa tangga pula. Sudah gagal maju ke 16 besar, puluhan pendukung Finlandia terpapar Covid-19 sepulang membela tim nasionalnya.

Sampai sejauh ini sudah 86 orang yang dinyatakan positif setelah melakukan perjalanan ke Rusia untuk mendukung tim kesayangan mereka melawan Belgia dalam ajang Euro 2020. Diperkirakan angkanya akan naik hingga ratusan.

Perdana menteri beserta otoritas kesehatan Finlandia (THL) menyerukan agar warga yang sudah kembali ke rumah setelah menyaksikan laga Finlandia melawan Belgia di Saint Petersburg, Rusia pada Senin (21/6) melakukan tes Covid-19.

"Seluruh suporter Finlandia harus melakukan tes Covid-19,” kata Perdana Menteri Sanna Marin dalam pertemuan puncak Uni Eropa di Brussels, Jumat (26/6/2021).

"Dengan begitu, setiap orang dapat segera diidentifikasi dan virusnya tidak semakin menyebar luas," tambahnya.

Berdasarkan hasil tes Covid-19 yang digelar di pos yang berada di sepanjang perbatasan wilayah Finlandia dengan Rusia, sejauh ini tercatat ada 86 kasus positif, dan tes tersebut masih terus berlangsung.

Menurut media setempat, sekitar 3.000 pendukung Finlandia yang melintasi perbatasan tersebut membuat pejabat lokal mengizinkan 800 orang memasuki negara itu tanpa menjalani tes terlebih dahulu.

Rusia, pada Kamis (24/6), melaporkan lebih dari 20.000 kasus infeksi virus corona baru dan 568 orang meninggal dunia. Jumlah ini melonjak pesat, sama seperti yang terjadi pada Januari 2021 saat Rusia gencar memerangi wabah virus corona varian Delta.

Maka dari itu, THL pun mendesak agar seluruh suporter Finlandia yang sudah kembali ke rumah segera melakukan tes Covid-19 dalam waktu 72 jam untuk memastikan kondisi mereka masing-masing, mengingat tingkat infeksi di Saint Petersburg 20 kali lebih tinggi daripada di Finlandia.

Reporter: Admin Sportylife
Editor: Admin Sportylife
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler