Belanda Dapat Peringatan Serius dari Ruudtje

Sabtu, 26 Juni 2021 17:23 WIB

Share
Belanda Dapat Peringatan Serius dari Ruudtje

BUDAPEST – Ruud van Nistelrooy berbagi pengalaman dengan juniornya. Dia minta Belanda tidak memandang Republik Ceko sebelah mata. Jika itu terjadi, bahaya siap mengancam.

Belanda akan menghadapi Ceko pada babak 16 Besar Euro 2020 di Budapest, Hungaria, Minggu (27/6/2021). Mereka tampil dalam kapasitas sebagai juara Grup C dengan rekor sempurna.

Tapi, Ruud van Nistelrooy mengingatkan pemain Belanda untuk tidak pongah. Mereka tak boleh congkak setelah penampilan mengesankan di penyisihan grup.

Mantan striker Manchester United dan kini jadi asisten pelatih Frank de Boer itu mengungkapkan pengalamannya di dua turnamen besar bersama Belanda. Ruud van Nistelrooy dan kawan-kawan tersungkur di babak pertama knock-out setelah tampil memukau di penyisihan grup.

Belanda mengoleksi tujuh poin di penyisihan grup Piala Dunia 2006 sebelum tersingkir di tangan Portugal. Dua tahun kemudian, mereka juga menyapu tiga penyisihan grup Euro 2008 dengan kemenangan sebelum kandas melalui perpanjangan waktu di tangan Rusia.

“Saya sudah membicarakan itu dengan para pemain. Itulah sebabnya kenapa saya bilang penting untuk tidak kehilangan konsentrasi setelah (mengalahkan) Austria. Sebab, sulit untuk kembali ke jalur yang tepat,” katanya.

Belanda, seperti biasa, kembali menjadi pembicaraan di Euro 2020. Mereka tampil dengan permainan terbuka, menyerang, dan ekspansif.

Ruud van Nistelrooy mengakui bahwa perubahan bisa saja terjadi karena lebih banyak yang dipertahukan. Karena itu, dia mengingatkan para pemainnya untuk tetap membumi.

Dia menilai, ada perbedaan mendasar antara pertandingan penyisihan grup dengan knock-out. Perbedaan itu menyangkut mentalitas. Sebab, ada tekanan yang lebih berat di babak 16 Besar ini.

“Di (penyisihan) grup, ada momen ketika kesalahan masih bisa ditolerir. Tapi sekarang ada perbedaan beban. Ini menjadi pertandingan hidup mati. Mental menjadi bagian penting,” tambahnya.

Halaman
Reporter: Admin Sportylife
Editor: Admin Sportylife
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler