Belum Kualifikasi, Bottas Dipastikan Gagal Rebut Pole

Sabtu, 26 Juni 2021 14:07 WIB

Share
Belum Kualifikasi, Bottas Dipastikan Gagal Rebut Pole<br>
Valtteri Bottas

WINA – Siapapun berpeluang meraih pole position pada Grand Prix Styrian, kecuali Valteri Bottas. Paling tinggi, posisi start pembalap Mercedes itu ada di posisi ketiga.

Itu terjadi setelah Valteri Bottas menerima hukuman penurunan tiga grid pada posisi start setelah melakukan ulah pada latihan hari pertama di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, Austria.

Hukuman itu dijatuhkan karena mobil Mercedes Valteri Bottas memelintis di pitlane saat dia keluar pit box untuk melanjutkan latihan dengan menggunakan ban keras di latihan kedua.

Saat mulai memacu mobilnya, pembalap Finlandia itu kehilangan kontrol. Mobilnya memelintir dan nyaris menghajar dinding pit dan anggota tim sebelum dia akhirnya dibantu kru McLaren.

Race control mengumumkan investigasi terhadap insiden itu sudah dilakukan. Mereka memutuskan menghukum Bottas dengan penurunan tiga posisi start pada balapan Minggu nanti karena memicu potensi bahaya di pitlane.

“Saat keluar dari posisi pit stop, dia kehilangan kontrol mobilnya saat memasuki lajur cepat. Dia mengalami oversteer, melintir, dan berhenti di depan lajur cepat dekat pit McLaren,” bunyi pernyataan steward.

Saat memeriksa Bottas, sang pembalap menyatakan bahwa di masa lalu mereka kehilangan waktu ketika keluar dari pit. Jadi, dia mencoba melakukan sesuatu yang baru, yakni memacu dengan gigi dua.

“Akibatnya, roda melintir lebih tinggi dan memunculkan hasil yang di luar perhitungan. Karena itu, dia dianggap tak mengatur kontrol mobilnya secara wajar memasuki jalur cepat. Ini dianggap sebagai tindakan yang berpotensi bahaya, terutama terhadap orang-orang di sekitar pit lane,” tambah steward.

Bottas sendiri menerima hukuman tersebut. “Saya melintir. Kami mencoba sesuatu yang baru saat keluar dari pit. Ini variabel yang normal bagi kami, melakukan dengan spin roda. Jadi, itulah sebabnya kenapa saya melintir,” katanya.

Saat hendak mendatangi pemeriksaan steward, Valtteri Bottas menyatakan dia akan heran jika ada hukuman yang diberikan. Sebab, itu kesalahan yang biasa terjadi.

Halaman
1 2
Reporter: Admin Sportylife
Editor: Admin Sportylife
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler