Vinales Start Terdepan, Marquez Paling Belakang

Sabtu, 26 Juni 2021 20:18 WIB

Share
Vinales Start Terdepan, Marquez Paling Belakang
Maverick Vinales

ASSEN – Bagai siang dan malam, begitulah nasib Maverick Vinales di Jerman dan Belanda. Kini, dia meraih posisi start terdepan pada Grand Prix Belanda di Sirkuit Assen.

Maverick Vinales menghapus catatan buruknya di Jerman, saat dia kualifikasi di posisi ke-21 dan finish di posisi terakhir, dengan meraih sukses di Belanda. Tak hanya unggul di tiga dari empat sesi latihan bebas, dia pun mencatat waktu tercepat pada kualifikasi.

Pembalap Yamaha itu membukukan waktu 1 menit 31,814 detik untuk merebut posisi pole pertamanya di tahun 2021. Dia hanya unggul 0,071 detik dari rekan setimnya, Fabio Quartararo.

Maverick Vinales awalnya membukukan waktu 1 menit 32,413 detik di awal kualifikasi. Dia mendapat saingan dari Johann Zarco dan Pol Espargaro.

Setelah Vinales masuk pit setelah lap tersebut, rekannya Quartararo mempertajam catatan waktu dengan 1 menit 32,336 detik. Dia bahkan kemudian memperbaikinya dengan 1 menit 31,922 detik, unggul 0,491 detik dari Vinales.

Memasuki upaya kedua, Vinales mencoba menekan Quartararo, tapi dia melakukan kesalahan. Tapi, di putaran berikutnya, dia tak mengulangi kesalahan itu dan membukukan 1 menit 31,814 detik.

Quartararo mencoba memanfaatkan dua sektor terakhir di putaran penghabisan untuk kembali merebut posisi tersebut. Tapi, dia melakukan kesalahan di tikungan ke-10 sehingga harus puas di posisi kedua.

Di belakang duet Yamaha itu, ada Francesco Bagnaia. Pembalap Ducati itu membukukan waktu yang berselisih 0,303 detik dari Vinales.

Jika Maverick Vinales bangkit, tak demikian halnya dengan Marc Marquez. Pembalap Honda yang secara mengejutkan meraih gelar juara di Jerman, kali ini bahkan harus start di barisan paling belakang.

Juara dunia enam kali yang mengawali dari kualifikasi pertama itu, mengalami kecelakaan saat menguber Lecuona di lap terakhir. Hanya pembalap KTM, Brad Binder dan Garret Gerloff yang menggantikan Franco Morbidelli yang berada di belakang Marquez.

Halaman
1 2
Reporter: Admin Sportylife
Editor: Admin Sportylife
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler