Dibayang-bayangi Johan Cruyff dan Panenka

Minggu, 27 Juni 2021 06:00 WIB

Share
Dibayang-bayangi Johan Cruyff dan Panenka<br>

BUDAPEST – Pertemuan Belanda lawan Republik Ceko mengungkit kenangan lama. Tentang semifinal Euro 1976, Johan Cruyff, dan Antonin Panenka.

Belanda dan Republik Ceko bertemu di 16 Besar Euro 2020 di Stadion Puskas Arena, Budapest, Hungaria. Siapapun yang menang, sudah ditunggu Denmark di perempat final.

Kedua kubu pernah bertemu sebelumnya. Kala itu, Ceko masih utuh sebagai Cekoslowakia. Mereka menaklukkan Belanda 3-1 melalui perpanjangan waktu pada semifinal Euro 1976.

Saat itu, Belanda memiliki Johan Cruyff. Dia terkenal karena pergerakannya sambil membelakang bek lawan, kemudian melintir memutarnya, sambil mengangkat bola melalui kakinya dalam satu gerakan indah.

Gaya tersebut kemudian dikenal dengan “The Cruyff Turn”. Hanya pemain-pemain dengan kemampuan teknis brilian yang bisa melakukannya.

Tapi, Ceko juga punya pemain yang tak kalah terkenalnya. Tak sehebat Johan Cruyff, tapi tetap disebut-sebut sampai saat ini.

Ketika pertandingan final menghadapi Jerman berlanjut sampai adu penalti, gelandang Antonin Panenka membuat heboh. Dia memanfaatkan kelincahan kakinya.

Saat itu, di depannya berdiri kiper Sepp Maier. Dia salah satu kiper terhebat Jerman sepanjang sejarah. Bahkan kiper terbaik pada eranya.

Panenka mengambil ancang-ancang cukup jauh. Ketika mendekati bola, dia memberlambat larinya. Tak menghajar bola dengan keras, dia cukup mencongkel bola ke sisi tengah saat Sepp Maier sudah bergerak ke sektor kiri.

Gayanya itu sampai sekarang dikenal dengan penalti Panenka. Tak banyak pemain yang bisa melakukannya. Hanya pemain-pemain dengan skill tinggi dan kepervayaan diri yang hebat.

Halaman
Reporter: Admin Sportylife
Editor: Admin Sportylife
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler