Bukan Ronaldo, Mereka Ini yang Patahkan Rekor Gol Platini

Sabtu, 3 Juli 2021 13:51 WIB

Share
Bukan Ronaldo, Mereka Ini yang Patahkan Rekor Gol Platini

MUNCHEN – Bukan Cristiano Ronaldo yang berhasil mematahkan rekor gol Michel Platini. Ada sederetan nama, dipuncaki Denis Zakaria.

Sampai Euro 2020 dimulai, rekor Michel Platini sulit disentuh. Dia mencetak sembilan gol sepanjang pelaksanaan Euro 1984 lalu.

Cristiano Ronaldo, meski jadi pencetak gol terbanyak dalam penyelenggaraan Euro, tapi tak mungkin mematahkan rekor Michel Platini. Terlebih, Portugal sudah tersingkir saat Ronaldo baru mengemas lima gol.

Tapi, bukan berarti rekor Michel Platini mencetak sembilan gol dalam satu edisi Euro tak bisa dipatahkan. Sejumlah pemain ramai-ramai mematahkannya. Sayangnya, gol itu bukan buat timnya, melainkan gol bunuh diri.

Denis Zakaria, pemain Swiss, memuncakinya dengan gol bunuh diri saat menghadapi Spanyol di perempat final. Itu adalah gol bunuh diri ke-10 yang terjadi di ajang Euro 2020 ini.

Selain mematahkan rekor gol Michel Platini, gol bunuh diri ini juga menyamai rekor sepanjang sejarah penyelenggaraan Euro. Sejak 1960, ketika Euro pertama kali digelar sampai sebelum Euro 2020 dimulai, baru lahir 10 gol bunuh diri. 

Kini, dalam sekali penyelenggaraan, sudah 10 gol bunuh diri yang lahir. Gol bunuh diri ke-10 itu dijaringkan Denis Zakaria.

Michel Platini yang sempat menjadi Presiden UEFA, mencetak gol di setiap pertandingan untuk membawa Prancis menjuarai Euro 1994 di kandang sendiri. Salah satunya, dia mencetak trigol ketika Prancis menang atas Yugoslavia di penyisihan grup. Hanya di laga final, Platini gagal menyarangkan gol.

Denis Zakaria, pemain asal Borussia Moenchengladbach, tanpa sengaja, justru membantu menceploskan bola ke gawang Swiss dalam laga perempat final lawan Spanyol.

Padahal, pemain berusia 24 tahun itu baru saja kembali masuk sebagai starting line-up Swiss.Dia masuk menggantikan Granit Xhaka yang terpaksa absen karena akumulasi kartu.

Halaman
Reporter: Admin Sportylife
Editor: Admin Sportylife
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler