Gawat...Kasus Covid-19 Bermunculan di Olimpiade Tokyo

Minggu, 4 Juli 2021 15:59 WIB

Share
Gawat...Kasus Covid-19 Bermunculan di Olimpiade Tokyo

TOKYO – Olimpiade Tokyo baru akan berlangsung tiga pekan lagi. Tapi, kasus Covid-19 terus bermunculan di pesta olahraga yang tertunda setahun itu.

Seorang anggota tim dayung Serbia dinyatakan positif Covid-19 saat mencoba masuk ke Jepang untuk mengikuti Olimpiade. Pejabat Kementerian Kesehatan Jepang pun membenarkan kabar itu.

Pejabat Kementerian Kesehatan itu menyatakan atlet yang terpapar tersebut kini menjalani isolasi di Bandara Haneda, Tokyo. Sedangkan empat anggota tim dayung Serbia lainnya dikirim ke fasilitas lain yang dekat dengan bandara.

Para pedayung tersebut sebelumnya dijadwalkan berangkat menuju kamp latihan di Nanto, di pusat Jepang. Tapi, pejabat di Nanto menegaskan kamp latihan tersebut kemungkinan akan dibatalkan.

Laporan tersebut datang setelah bulan lalu dua anggota delegasi Komite Olimpiade Uganda dinyatakan positid Covud-19 saat sampai di Jepang. Satu orang dinyatakan positif di Bandara Narita dekat Tokyo, sedangkan sisanya diizinkan melanjutkan perjalanan menuju kamp latihan.

Presiden OC Olimpiade, Seiko Hashimoto, Jumat lalu menyatakan lebih dari 500 peserta sudah datang di Tokyo tanpa insiden. Olimpiade sendiri bakal diikuti sekitar 11 ribu atlet ditambah 4.400 atlet yang mengikuti Paralympic Games.

Pihak penyelenggara menyatakan masih belum meutuskan apakah mengizinkan warga lokal masuk ke venue pertandingan. Yang pasti, penonton dari luar Jepang sudah dilarang datang sejak beberapa bulan lalu.

Hampir dua pekan lalu, OC Olimpiade menyatakan mereka akan mengizinkan venue indoor maupun outdoor diisi 50 persen kapasitas sampai 10 ribu penonton.

Tapi, dengan meningkatkan kasus harian Covid-19 di Tokyo dalam dua pekan terakhir, pihak penyelenggara diperkirakan akan membahasnya bersama Komite Olimpiade Internasional (IOC) dalam waktu dekat ini.

Media di Jepang menyebutkan ada sejumlah skenario yang disiapkan. Skenario tersebut antara lain penonton dibolehkan masuk; tidak boleh sama sekali; upacara pembukaan tanpa penonton; penonton terbatas di event yang digelar malam hari; dan mengurangi penonton di setiap venua sampai maksimal 5 ribu.

Halaman
1 2
Reporter: Admin Sportylife
Editor: Admin Sportylife
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler