Kenapa VAR Tak Anulir Penalti Kontroversial Inggris?

Kamis, 8 Juli 2021 11:59 WIB

Share
Kenapa VAR Tak Anulir Penalti Kontroversial Inggris?

LONDON – Penalti kontroversial meloloskan Inggris ke final Euro 2020. Kenapa VAR diam saja dan tak membatalkan keputusan wasit?

Wasit Danny Makkelie memutuskan memberikan hadiah penalti saat Raheem Sterling terjatuh di daerah terlarang. Ada dugaan dia diganggu Jannik Vestergaard. Tapi, bagi sebagian pihak, itu bukan pelanggaran yang jelas.

Laga Inggris lawan Denmark di semifinal Euro 2020 itu harus dituntaskan lewat perpanjangan waktu setelah tuan rumah gagal memanfaatkan dominasinya menghadapi lawan.

Sebaliknya, Denmark bahkan lebih dulu unggul melalui tendangan bebas mengejutkan Mikkel Damsgaard. Gol bunuh diri Simon Kjaer membantu The Three Lions menyamakan kedudukan, tapi mereka tak menemukan cara menembus gawang lawan sampai penalti yang meragukan itu.

Vestergaard sejatinya melakukan kontak minimal terhadap Raheem Sterling, penyerang asal Manchester City itu. Tapi, karena terjadi di lapangan dan menguntungkan Inggris, VAR tidak berada dalam posisi untuk membatalkan keputusan wasit itu.

Mantan wasit Liga Primer, Peter Walton, sepakat dengan keputusan wasit. Dia menilai jelas terjadi pelanggaran. Itu juga bisa diperiksa dari gerakan badan bagian atas pemain Denmark tersebut.

“Saya kira itu penalti dan VAR sedang memeriksanya,” katanya.

Dia mengingatkan bahwa terjadi kesalahan yang jelas dan pasti di lapangan dan keputusan sepenuhnya di tangan wasit.

Tapi, Lee Dixon, mantan bek tim nasional Inggris, kurang sependapat. Menurutnya, Raheem Sterling tak mendapatkan sentuhan terhadap dirinya.

“Apakah dia (Vestergaard) memotong tumitnya pada saat yang sama?” tanyanya.

Halaman
Reporter: Admin Sportylife
Editor: Admin Sportylife
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler