Pertama dalam Sejarah, Final Tunggal Putra Wimbledon Dipimpin Wanita

Minggu, 11 Juli 2021 15:56 WIB

Share
Pertama dalam Sejarah, Final Tunggal Putra Wimbledon Dipimpin Wanita

LONDON – Wimbledon mencatat sejarah baru. Untuk pertama kalinya, laga final tunggal putra akan dipimpin wasit wanita.

Itulah yang akan terjadi pada final Wimbledon 2021 ini. Final mempertemukan petenis nomor satu dunia Novak Djokovic dengan unggulan ketujuh Matteo Berrettini asal Italia, Minggu ini.

Adalah Marija Cicak, wanita asal Kroasia, yang akan memimpin laga ini. Dia menjadi wanita pertama yang memimpin laga final Wimbledon sepanjang sejarah turnamen grand slam lapangan rumput yang digelar sejak 1877 ini.

Penyelenggara Wimbledon mengumumkan ditunjuknya Marija Cicak sebagai wasit dalam final antara Djokovic lawan Berrettini ini. Cicak adalah wanita berusia 43 dari Kroasia.

Marija Cicak adalah wasit bersertifikat emas dan anggota WTA Elite Team sejak 2012 lalu. Dia hampir selalu mendapat kepercayaan memimpin partai-partai penting di turnamen ini.

Dia adalah adalah wasit utama pada final tunggal putri Wimbledon 2014. Marija Cicak pulalah yang memimpin pertandingan final ganda putri di turnamen yang sama tiga tahun kemudian.

Marija Cicak bukan wasit yang baru di Wimbledon. Selama 15 tahun secara beruntun, wanita Kroasia ini dipercaya menjadi wasit.

Pengalamannya memang segudang. Marija Cicak adalah juga wasit yang memimpin pertandingan perebutan medali emas tunggal putri pada final Olimpiade Rio de Janeiro, lima tahun lalu.
 

Reporter: Admin Sportylife
Editor: Admin Sportylife
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler