Ini Dia Orang Pertama Terpapar Covid-19 di Olimpiade

Minggu, 18 Juli 2021 13:44 WIB

Share

TOKYO – Penyelenggara Olimpiade Tokyo menyembunyikan dua atlet yang terpapar Covid-19. Tapi, tidak demikian dengan pengurus IOC. Siapa dia?

Seorang anggota Komite Olimpiade Internasional (IOC), seperti diketahui, dinyatakan positif Covid-19 pada Minggu (18/7/2021). Dia tercatat positif saat menjalani tes saat memasuki Bandara Tokyo, Sabtu lalu.

IOC mengkonfirmasi anggotanya yang positif Covid-19. Dia diidentifikasi sebagai Ryu Seung-min dari Korea Selatan. Ryu adalah peraih medali emas tenis meja pada Olimpiade 2004 lalu.

Dia dilaporkan sedang menjalani isolasi. Laporan lain menyebutkan Ryu pengidap Covid-19 tanpa gejala.

Selain Ryu, dua atlet yang sudah menghuni perkampungan atlet juga dinyatakan positif terpapar Covid-19. Keduanya menjadi atlet pertama yang terpapar saat Olimpiade Tokyo akan dibuka pada Jumat mendatang.

Penyelenggara Olimpiade membenarkan tes tersebut pada Minggu. Keduanya tak dibuka identitasnya. Hanya, disebutkan bahwa keduanya bukanlah atlet yang berasal dari Jepang.

Selain itu, ada juga atlet lain yang dinyatakan terpapar Covid-19 di luar keduanya. Hanya saja, atlet ini tidak tinggal di perkampungan atlet. Dia pun diidentifikasi sebagai bukan atlet Jepang.

Pihak penyelenggara juga menyatakan sejak 1 Juli lalu, sebanyak 55 orang yang terkait dengan Olimpiade Tokyo, dinyatakan positif Covid-19. Angka tersebut di luar mereka yang sudah datang ke kamp latihan, tapiu belum masuk yurisdiksi komite penyelenggara.

Perkampungan atlet Olimpiade sendiri terletak di Tokyo Bay. Dia akan menampung 11 ribu atlet Olimpiade dan ribuan staf pendukung lainnya.

Pada Sabtu lalu, Tokyo mencatat penambahan 1.410 kasus baru Covid-19. Itu merupakan angka tertinggi dalam enam bulan terakhir. Itu pun jadi hari beruntun ke-28 di mana kasusnya lebih tinggi dibanding tujuh hari sebelumnya.

Halaman
1 2
Reporter: Admin Sportylife
Editor: Admin Sportylife
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler