Demi Palestina, Judoka Aljazair Tolak Tampil di Olimpiade

Jumat, 23 Juli 2021 21:52 WIB

Share
Demi Palestina, Judoka Aljazair Tolak Tampil di Olimpiade

TOKYO – Demi solidaritas terhadap perjuangan rakyat Palestina, judoka Aljazair mundur dari Olimpiade. Dia menolak tampil karena harus bertemu atlet Israel.

Bukan kali Fehti Nourine, judoka Aljazair itu, melakukan hal tersebut. Dia juga pernah mundur dari Piala Dunia 2019 dengan alasan yang sama. “Rakyat Palestina lebih besar artinya dari semua ini,” katanya.

Sejak awal, Fehti Nourine memang ogah berhadapan dengan atlet Israel. Sialnya, hasil undian sekali lagi menempatkannya dalam jalur yang sama dengan judoka Israel. Tak peduli kejuaraan sebesar Olimpiade, sikapnya tak berubah.

Fehti Nourine semula dijadwalkan bertarung di kelas 73 kg. Di babak pertama, dia diperkirakan bertemu judoka Sudan, Mohamed Abadrasool pada Senin mendatang. Setelah itu, atlet Israel, Tohar Butbul menunggu di babak berikutnya.

“Kami sudah bekerja keras agar lolos ke Olimpiade. Tapi, rakyat Palestina jauh lebih bermakna dibanding semua ini,” katanya kepada Aljazair TV.

Pelatih Fehti Nourine, Amar Ben Yaklif, bisa memaklumi sikap atlet asuhannya. “Kai tidak beruntung dengan undian ini. Kami menghadapi lawan dari Israel dan itulah sebabnya kenapa kami mundur. Kami sudah mengambil keputusan yang tepat,” katanya.

Amar Ben Yaklif mengakui bukan kali pertama Fehti Nourine mundur dari kompetisi untuk alasan seperti ini. Hal serupa juga terjadi pada Kejuaraan Dunia 2019.

Dia mengakui, di masa lalu, sejumlah pejudo juga tak mau berhadapan dengan lawan dari Israel. Puncaknya adalah pada April lalu, ketika Federasi Judo Internasional mendiskualifikasi Iran selama empat tahun karena dinilai meminta atlet untuk tidak mau menghadapi Israel.
 

Reporter: Admin Sportylife
Editor: Admin Sportylife
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler