Mojang Bandung Inikah Penyumang Medali Pertama Olimpiade?

Jumat, 23 Juli 2021 12:53 WIB

Share
Mojang Bandung Inikah Penyumang Medali Pertama Olimpiade?

TOKYO - Mungkinkah Windy Cantika Aisah jadi atlet pertama Indonesia menyumbang medali di Olimpiade? Besok, mojang Bandung itu akan membuktikannya.

Cantika punya peluang menjadi atlet Indonesia pertama yang menyumbang medali di Olimpiade Tokyo. Sehari setelah pembukaan, ia akan berlomba memperebutkan medali dalam cabang angkat besi nomor 49 kg putri di Tokyo International Forum, Sabtu.

Langkah Cantika tentu tak mudah. Lifter berusia 19 tahun itu harus bersaing dengan juara dunia 2018 Hou Zhihui asal China yang sekaligus pemegang rekor dunia kelas 49 kg putri dengan total angkatan 213 kg yang diukir pada Kejuaraan Angkat Besi Asia di Tashkent, Uzbekistan, April lalu.

Ada pula Saikhom Mirabai Chanu dari India yang merupakan peraih emas Kejuaraan Dunia 2017 untuk nomor 48 kg putri. Persaing lainnya adalah lifter Amerika Serikat (AS) Jourdan Delacruz, peraih emas di Piala Dunia IWF 2020.

Merujuk pada data Federasi Angkat Besi International (IWF) untuk kualifikasi Olimpiade Tokyo, Windy tercatat memiliki angkatan terbaik di angka 191 kg dan menempatkannya di urutan kelima dalam daftar angkatan terbaik. Ia menorehkan angka itu saat membawa pulang emas di Kejuaraan Dunia Junior, Mei lalu.

Posisi pertama ditempati Hou Zhihui (213 kg), kedua  Saikhom Mirabai Chanu (205 kg),  ketiga lifter Amerika Serikat (AS) Jourdan Delacruz (200 kg), dan keempat  Beatriz Pirón dari Republik Dominika (193 kg).

Angka tersebut merupakan hasil kompetisi yang bergulir beberapa waktu lalu. Bukan tidak mungkin, semuanya berubah ketika Olimpiade Tokyo berlangsung.

Terlebih Cantika telah melakukan berbagai persiapan. Selain itu, tim pelatih juga telah mematangkan strategi untuk bisa meraih hasil maksimal.

Berdasarkan hasil technical meeting, Kamis, Tim Angkat Besi Indonesia mendaftarkan total angkatan Windy di angka 203kg.

Jumlah tersebut membuat Windy berada di Grup A dan urutan ketiga dalam daftar angkatan terberat. Sementara Saikhom Mirabai Chanu menjadi peserta tertinggi yang memasang total angkatan di angka 210kg.

Halaman
Reporter: Admin Sportylife
Editor: Admin Sportylife
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler