Barba Banda, Pemain Pertama Cetak Dua Hatrick di Olimpiade

Sabtu, 24 Juli 2021 20:06 WIB

Share

TOKYO – Sulit bagi Zambia untuk lolos ke putaran kedua Olimpiade Tokyo. Kalaupun mereka tersingkir, Zambia tetap menyisipkan satu nama: Barba Banda.

Kapten Zambia itu sampai di Jepang dengan reputasi sebagai pemain bola wanita terbaik Zambia yang pernah ada. Dan, dia membuktikan reputasinya itu di lapangan, pada penampilan perdana timnya di Olimpiade.

Hattricknya dalam laga mengagumkan yang berakhir imbang 4-4 lawan China pada laga kedua, Sabtu (24/7/2021), datang hanya dua hari setelah dia melakukan hal serupa di laga perdana.

Dua hari lalu itu, meski kalah dari Belanda 3-10, Barba Banda juga mencetak hattrick. Dia memborong tiga gol Zambia.

Dengan enam gol yang sudah dia cetak, Barba Banda yang saat ini bermain untuk klub China, Shanghai Shengil, menjadi wanita pertama yang mencetak dua kali hattrick di ajang sepak bola wanita Olimpiade.

Dia bahkan juga sudah menyamai rekor pencetak gol terbanyak Olimpiade pada satu edisi. Dengan enam golnya, dia menyamai reputasi penyerang Kanada, Christine Sinclair yang memborong enam gol di Olimpiade 2012 di Inggris.

Gol demi gol yang dijaringkan Banda membuatnya melampaui legenda-legenda sepak bola wanita yang pernah ada seperti Mia Hamm, Michele Akers, atau Abby Wambach. 

Dia juga melampaui bintang Brasil Marta, Birgit Prinz dari Jerman, atau legenda China Sun Wen. Tak seorang pun di antara mereka yang pernah mencetak enam gol di satu Olimpiade atau melesakkan sepasang hattric.

Barba Banda yang baru berusia 21 tahun, menjelma menjadi pencetak gol terbanyak sementara Olimpiade. Tak tertutup kemungkinan dia menjadi peraih sepatu emas, lambang pencetak gol terbanyak.

Banda kini disamai striker asal Belanda, Vivianne Miedema yang mencetak empat gol ke gawang Zambia dan dua lainnya ke gawang Brasil. Ada pula penyerang sensasional China, Wang Shuang yang memborong empat gol China ke gawang Zambia.

Halaman
1 2
Reporter: Admin Sportylife
Editor: Admin Sportylife
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler