Eko Yuli Catat Sejarah, Rebut Medali Keempat di Olimpiade

Minggu, 25 Juli 2021 16:12 WIB

Share

TOKYO - Eko Yuli Irawan menorehkan sejarah. Dia menjadi atlet Indonesia yang merebut empat medali dari keikutsertaannya di Olimpiade.

Eko Yuli Irawan merebut medali perak angkat besi kelas 61 kg. Sebelumnya, dia juga merebut medali perak Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro serta medali perunggu di Olimpiade 2008 Beijing dan Olimpiade 2012 di London.

Sayangnya, ambisinya meraih medali emas pertama angkat besi Indonesia di ajang Olimpiade gagal terwujud. Dia kalah bersaing dari lifter China Li Fabin. Eko hanya mampu mencapai total angkatan 302 kg. Di angkatan snatch dia mengangkat barbel 137 kg dan clean and jerk 165kg.

Sementara itu, Li Fabin merebut medali emas dengan total angkatan 313kg (snatch 141kg dan clean and jerk 172kg).

Lifter Kazakhstan Son Igor berhak atas medali perunggu dengan total angkatan 294kg (snatch 131kg dan clean and jerk 163kg).

Persaingan perebutan medali emas kelas 61kg putra sudah terasa sejak awal antara dua juara dunia, Eko Yuli Irawan dan lifter asal China Li Fabin.

Eko Yuli Irawan mengawali angkatan snatch dan sukses membuka angkatan pertamanya seberat 137kg. Sementara itu, Li Fabin gagal pada angkatan pertamanya dengan berat beban yang sama. 

Eko Yuli mencoba menaikkan beban menjadi 141kg pada kesempatan kedua. Sayangnya, barbel tersebut gagal diangkatnya.

Pertandingan kian menegangkan ketika Li Fabin sukses mengangkat snatch 137kg pada kesempatan keduanya sebelum menaikkan bebannya menjadi 141kg pada percobaan ketiga.

Eko gagal membayar kegagalan pada kesempatan kedua karena ia lagi-lagi tidak berhasil melakukan angkatan snatch 141kg pada percobaan ketiganya sehingga angkatan snatch terbaik Eko hanya 137kg, sementara Li Fabin 141kg.

Halaman
1 2
Reporter: Admin Sportylife
Editor: Admin Sportylife
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler