Emas Olimpiade dan Piala Dunia Sebelum Gantung Sepatu

Minggu, 25 Juli 2021 13:09 WIB

Share

RIO DE JANEIRO – Nyaris semua gelar juara sudah dirasakan Marta. Di sisa kariernya, dia tinggal mengincar medali emas Olimpiade dan Piala Dunia.

Marta tak kekurangan gelar juara bersama tim nasional Brasil. Dia yang juga kapten Brasil sudah memenangkan seabreg gelar.

Marta, misalnya, membawa Brasil tiga kali memenangkan Kejuaraan Sepak Bola Wanita Amerika Selatan dan sekali menjadi runner-up. Tiga kali pula Brasil dia antarkan menjadi juara Pan American Games.

Tapi, di turnamen paling penting, dia justru belum memetik hasil maksimal. Torehan terbaiknya baru medali perak alias menjadi finalis.

Brasil pernah melaju ke final Piala Dunia 2007 di China. Sialnya, pada laga penentuan itu, Marta dan kawan-kawan kalah dari Jerman. Saat itu, Jerman masih diperkuat pemain terbaik dunia di eranya, Birgit Prinz.

Nasib Marta juga sama saat tampil di Olimpiade. Dua kali ke final, dua kali pula Brasil kalah. Amerika Serikat mengalahkan mereka di final Olimpiade 2004 di Athena maupun Olimpiade 2008 di Beijing.

Lima tahun lalu, nasib lebih buruk malah dialami Marta. Tampil di hadapan publik sendiri, mereka bahkan kalah dalam perebutan medali perunggu. Tanpa diduga, Brasil menyerah dari Kanada.

Kini, Marta bermimpi memimpin Brasil meraih medali emas di Olimpiade Tokyo. Jika memungkinkan, dia pun akan berupaya membawa Brasil menjuarai Piala Dunia tahun depan.

Soal Piala Dunia, secara personal Marta juga sudah menorehkan prestasi tersendiri. Dia menorehkan 17 gol di Piala Dunia yang pernah diikutinya. Marta menjadi pencetak gol terbanyak, tak hanya di kelompok wanita, melainkan juga pria.

Di sektor putra, pemain terbanyak mencetak gol di Piala Dunia adalah Miroslav Klose. Striker Jerman itu mencetak 16 gol.

Halaman
1 2
Reporter: Admin Sportylife
Editor: Admin Sportylife
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler