Pele Con Faldas, Pele yang Memakai Rok

Minggu, 25 Juli 2021 09:09 WIB

Share

RIO DE JANEIRO – Aksinya di Olimpiade membuat Marta kian mengukuhkan diri sebagai pemain wanita terbesar di dunia. Dia dijuluki Pele yang memakai rok.

Dalam pentas sepak bola wanita, Marta bukan hanya sekadar Pele, bukan pula sekadar Maradona. Dia adalah sekaligus Pele dan Maradona. Dia adalah juga Lionel Messi dan Ronaldo.

Begitulah banyak orang menggambarkan pemain bernama lengkap Marta Vieira da Silva ini. Dia adalah pemain terbaik di dunia. Bahkan tak banyak yang meragukan kalau dia disebut sebagai pemain terbesar yang pernah ada.

Tak salah ungkapan seperti itu. Dia adalah pemain yang memenangkan Pemain Wanita Terbaik Dunia versi FIFA empat kali berturut-turut, 2006-2009. Dia adalah peraih Ballon d’Or FIFA tahun 2010. Dia pun jadi Pemain Terbaik FIFA 2018.

Esensinya penghargaan itu sama: pemain terbaik dunia. Hanya namanya saja yang berbeda. Itu artinya Marta adalah pemain terbaik dunia enam kali.

Tak ada legenda-legenda sepak bola wanita yang pernah melakukan itu. Tidak mula Mia Hamm, Birgit Prinz, dan Carli Lloyd, dewi-dewi sepak bola lainnya.

Ketika sekali waktu dia berhenti bermain bola, meskipun banyak yang skeptis, takkan ada yang meragukan dia bakal jadi The Goat (pemain terhebat sepanjang masa) di sepak bola wanita.

Di Brasil, Marta punya julukan lain: Pele con faldas. Pele yang memakai rok. Tidak juga keliru. Satu-satunya yang keliru adalah Marta sangat jarang mengenakan rok. (bersambung)
 

Reporter: Admin Sportylife
Editor: Admin Sportylife
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler