Wanita yang Setara Pele dan Maradona

Minggu, 25 Juli 2021 08:26 WIB

Share

RIO DE JANEIRO – Dia dianggap sebagai pemain wanita terbaik yang pernah ada. Setara dengan Pele dan Maradona. Siapakah Marta?

Kini, dunia mengenalnya sebagai pemain yang selalu mencetak gol di lima Olimpiade. Itu ditandai dengan gol yang dia cetak ke gawang China dan Belanda pada Olimpiade 2020 di Tokyo.

Marta Vieira da Silva, begitu nama lengkapnya. Dia pemain fenomenal, setara dengan fenomena-fenomena lainnya dari Brasil.

Sejak kanak-kanak, Marta sudah menunjukkan skill yang luar biasa. Dia mampu bermain bola di luar dari kebiasaan.

Masa kecil Marta sungguh berat. Aldario, ayahnya, meninggalkannya ketika Marta masih berusia setahun. Ibunya, Tereza, membesarkan Marta dan tiga anak lainnya dengan bantuan sang nenek dan tantenya.

Sejak kanak-kanak, Marta sangat dekat dengan kakak-kakaknya, Jose, Valdir, dan Angela. Adalah Jose yang berperan penting dalam kariernya.

Marta, kini 35 tahun, ketika masih kanak-kanak, kerap membuat panik anak-anak pria lain yang jadi tetangganya. Itu saat dia bermain bola dengan mereka. Marta mempermainkan mereka dengan dribble dan mengalahkan mereka dengan kecepatan dan kelenturannya.

Itulah sebabnya, di masa kanak-kanak itu, teman-temannya menjulukinya sebagai Zaferina. Dia adalah pelari maraton yang terkenal pada saat itu.

Ketika menginjak usia 14 tahun, Jose mengajak Marta melakukan perjalanan panjang. Dia bawa adiknya itu ke Rio de Janeiro. Kebetulan, saat itu ada audisi untuk tim wanita Vasco da Gama.

Pelatih Vasco da Gama, Helena Pacheco, langsung terkesan dengan kemampuan remaja cilik itu. Dia pun langsung memilihnya masuk ke tim utama. (bersambung)
 

Reporter: Admin Sportylife
Editor: Admin Sportylife
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler